Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Children Learning In Sciences CLIS Mata Pelajaran IPA pada Kelas V Semester II SDN 04 Kuwaron kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011 / 2012.
Main Author: | Silaban, Nurhayati |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/894 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Children learning In Sciences CLIS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi gaya gravitasi bumi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Kolaborasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II diadakan satu pertemuan karena melihat ketuntasan yang telah dicapai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik pengumpulan data keaktifan dan hasil belajar yang berupa tes formatif. Dari hasil observasi didapatkan nilai sebelum tindakan didapatkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan (KKM) 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I didapatkan hasil 23,27% atau sebanyak 6 siswa dari jumlah siswa 26 belum mencapai ketuntasan dan diperoleh nilai ketuntasan 76,92% atau 20 siswa. Ini menandakan adanya perubahan dan kenaikan jumlah persentase ketuntasan pada saat dilakukan tindakan pada siklus pertama. Pada siklus pertama belum mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan, maka dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil 3,8% atau hanya terdapat 1 siswa yang nilai belum tuntas dan terdapat 96,15% atau 25 siswa dari 26 jumlah keseluruhan siswa mencapai KKM. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang belum pernah digunakan sebelumnya. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Sciences dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semester II SDN 04 Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru diharapkan menerapkan model pembelajarann ini untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Sciences .