Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Arizal, Fadli
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/892
Daftar Isi:
  • Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan yang masih dibawah KKM IPA yang ditentukan sekolah yaitu 64, dari 30 siswa 60% atau 18 siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM IPA, hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 3 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah: penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri 3 Grabagan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar dari tiap siklus. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal atau pra siklus hanya terdapat 12 siswa atau 40% yang telah tuntas dalam belajarnya dengan rata-rata nilai 60.53, pada siklus I mengalami peningkatan yaitu terdapat 18 siswa atau 60% siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dengan rata-rata nilai 68.13. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 28 siswa atau 93,3% siswa telah dapat mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 82.83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri 3 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012.