Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Risnanto, Deny |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/891 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru mengajar dengan metode konvensional dan siswa hanya banyak mendengar dalam kegiatan belajar sehingga mengakibatkan 60% dari 30 siswa nilai hasil belajar matematikanya berada di bawah nilai KKM yaitu 60. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan upaya perbaikan proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Unit penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Mangunsari 01 Salatiga, yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA dan VB. Kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VB yang berjumlah 20 siswa digunakan sebagai kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional sedangkan kelompok eksperimen dengan pendekatan keterampilan proses. Analisis perbedaan hasil belajar antara kelompok control dan eksperimen menggunakan analisis beda rerata (uji T) yang dihitung dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil posttes pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,73 sedangkan kelompok eksperimen 76,10. Berdasarkan hasil analisis uji beda nilai rata-rata posttes kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0,05 atau berdasarkan kriteria pengujian -t hitung < -t tabel (-3,226 < -1,677), maka Ho ditolak, berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttes kelas kontrol dengan nilai posttes kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar secara positif dan signifikan siswa kelas V SDN Mangunsari 01 Salatiga tahun ajaran 2011/2012.