Pengaruh Penggunaan Metode Discovery pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Bunyi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Satya Wacana Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Saputri, Lisa
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/888
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery pada pelajaran IPA pokok bahasan bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Satya Wacana Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV A dan IV B SD Kristen Satya Wacana Salatiga. Dalam penelitian ini, kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 anak dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 anak. Kedua kelompok homogeny karena sebelumnya kedua kelompok diuji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,307 lebih besar dari 0,05. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA pokok bahasan bunyi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji beda rata-rata dengan menggunakan Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji beda rata-rata yaitu Independent Sampel T-test diperoleh nilai sig. 0,000 kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV B SD Kristen Satya Wacana menggunakan metode Discovery dengan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV A SD Kristen Satya Wacana menggunakan metode konvensional, maka treatmen yang diberikan dapat berpengaruh signifikan. Jadi penggunaan metode Discovery pada pelajaran IPA pokok bahasan bunyi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Satya Wacana Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang diajukan bagi pendidikan di sekolah dasar sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang tepat, kerena dengan pemilihan metode yang tepat yang sesuai dengan materi akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah dipahami serta dapat berpengaruh positif pada hasil belajar siswa. Bagi guru dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar sebaiknya menggunakan metode discovery sebab berdasarkan hasil penelitian penggunaan metode discovery dalam pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap hasil belajar sehingga sangat efektif untuk diterapkan. Bagi siswa untuk berfikir positif terhadap semua mata pelajaran khususnya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.