Perencanaan Strategi Teknologi Informasi dengan Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library(ITIL)V3: studi kasus bagian kerja praktek Fakultas Teknologi Informasi

Main Author: Wirawan, Yosef
Other Authors: Fibriani, Charitas, Cahyono, Ariya Dwika
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8826
Daftar Isi:
  • Bagian Kerja Praktek (KP) merupakan salah satu bagian yang dimiliki Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) untuk mengelola kegiatan kerja praktek mahasiswa. Namun layanan TI yang ada pada Bagian KP belum maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya dukungan teknologi informasi yang memadai pada Bagian KP. Seperti contohnya layanan TI untuk pencatatan data mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menyusun strategy layanan TI Bagian KP menggunakan konsep Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) dan perancangan umum sistematis yang disebut pendekatan Eliminate, Simplify, Integrate, Automate (ESIA). Output yang akan dihasilkan dari penelitian ini yaitu berupa management demand Bagian KP dan rancangan Service Portfolio Management (SPM) yang meliputi rekomendasi perbaikan aktivitas pada proses bisnis, rekomendasi katalog aplikasi serta pembuatan dokumen kebijakan layanan TI.
  • Kerja Praktek is one of Information Technology Faculty Satya Wacana Christian University’s section for manage college student who want to do an internship. However IT services that exists at the Kerja Praktek section has not maximized yet. This matter caused by lack of adequate information technology support at Kerja Praktek. For example, IT service for student’s data recording. The goal of this research is to establish an IT services strategy for internship section using Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) concept and systematic general design called Eliminate, Simplify, Integrate, Automate (ESIA) approach. Output of this research is management demand and Service Portfolio Management (SPM) design which consist of recommendation for activity improvement at business process, recommendation for application catalog and making of IT services policy documents.