Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bangsri Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Nugraheni, Arry
Other Authors: Danny S., Tritjahjo
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/879
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan sifat–sifat cahaya dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di SD Negeri 2 Bangsri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas jenis kolaborasi. Guru kelas bekerjasama dengan peneliti. Peneliti sebagai pemberi ide dan untuk observer dilakukan guru kelas VI, sedangkan guru kelas yang melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada PTK ini terdiri dari dua siklus, pada siklus I dilakukan dalam tiga kali pertemuan dan pada siklus II dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% dari jumlah siswa kelas V yang mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (62,50) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai siswa pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal terdapat 14 siswa yang tuntas dalam KKM (62,50) atau sebesar 41,1% dan yang belum tuntas terdapat 20 siswa atau sebesar 58,9%. Pada siklus I terdapat 25 siswa yang tuntas atau sebesar 73,6%, dan yang belum tuntas terdapat 9 siswa atau sebesar 26,4%, sedangkan pada siklus II terdapat 34 siswa yang tuntas atau sebesar 100%, dan yang belum tuntas dalam belajar terdapat 0 siswa atau sebesar 0 %. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V.