Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Media Realita Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 3 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan pada Semester 2 Tahun 2011/2012

Main Author: Antoro, Widi
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/878
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul ” Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Media Realita Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2011/2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran IPA di SD Negeri 3 Nglinduk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini meliputi beberapa pertemuan, yaitu pada siklus I dilakukan dalam tiga kali pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan lembar observasi dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dengan menggunakan tes pada akhirnsiklus I dan siklus II yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Melalui Pemanfaatan Media Realita pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II di SD Negeri 3 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan belajar pada kondisi awal/ pembelajaran yang belum memanfaatkan dan menggunakan media realita; dengan memanfaatkan media realita pada siklus I; memanfaatkan media realita pada siklus II adalah: 42% ; 83% ; 96%. Peningkatan nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pembelajaran yang tidak memanfaatkan Media realita; memanfaatkan media realita siklus I dan siklus II adalah; 55,20; 72,33; 81,41.