Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas IV di SD Negeri Kaliwungu 04 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Setianingsih, Lilis |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/868 |
Daftar Isi:
- Penelitian dilakukan karena hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kaliwungu 04 masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor interen dan ekstern. Penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang bervariasi menyebabkan aktivitas belajar siswa juga rendah. Pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan sangat diharapkan untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar, sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan bagi siswa. Penggunaan metode, model atau teknik pembelajaran yang menarik dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran make a match. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan koperasi dan perkembangan teknologi bagi siswa kelas IV SD Negeri Kaliwungu 04 semester II tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dengan menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan deskriptif kuantitatif yang terdiri dari persentase, nilai terendah-tertinggi, dan rata-rata. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nampak ada peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 40% sebelum siklus, meningkat menjadi 71,67% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Peningkatan nilai terendah dari 40 sebelum tindakan, menjadi 55 pada siklus I, dan menjadi 70 pada siklus II. Peningkatan nilai tertinggi dari 85 sebelum tindakan, menjadi 90 pada siklus I, dan menjadi 100 pada siklus II. Terjadi peningkatan rata-rata kelas dari 63,33 sebelum tindakan, meningkat menjadi 71,67 pada siklus I dan menjadi 84 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan perkembangan teknologi bagi siswa kelas IV SD Negeri Kaliwungu 04 semester II tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.