Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Kanisius Cungkup Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Yunitasari, Ririn
Other Authors: Danny S., Tritjahjo
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/866
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul â€� Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Kanisius Cungkup Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012.â€� Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran IPA di SD Kanisius Cungkup Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah ketercapaian 100% dari jumlah keseluruhan siswa mencapai kentuntasan belajar dengan memperoleh nilai ≥ 65. Pada hasil belajar siswa meliputi siklus I dilakukan dalam tiga kali pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan lembar observasi dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dengan menggadakan tes yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan/keberhasilan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk menganalisis data observasi dan tes yang sudah diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dalam kegiatan belajar mengajar pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan pemahaman konsep yang diindikasikan dengan meningkatnya hasil belajar. Hasil belajar siswa yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan yang sesuai dengan KKM sekolah yang ditetapkan yaitu 65. Dari kondisi awal 17 siswa (68%) tidak memenuhi KKM, pada siklus I meningkat menjadi 24 siswa (96%) dan pada akhir siklus II peningkatan hasil belajar sudah memenuhi indikator keberhasilan meningkat yaitu 25 siswa (100% siswa).