Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan LKS Siswa Kelas V Semester II di SD Negeri 2 Candiroto Tahun 2011/2012
Main Author: | Kartomo, Andhika Imam |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/863 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang rendah yaitu dibawah KKM= 65. Selain itu kerjasama siswa dalam kelompok juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan LKS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Candiroto tahun 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 2 Candiroto dengan siswa yang berjumlah 25 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kerjasama siswa dan ketuntasan belajar untuk mata pelajaran Matematika kelas V semester 2 tahun 2011/2012. Melalui Pembelajaran Kooperarif Tipe NHT Berbantuan LKS adanya peningkatan kerjasama dan hasil belajar yang dapat dilihat pada kondisi awal dapat dilihat dengan kerjasama siswa prasiklus rata-rata 66.33, siklus I 75.22, siklus II 80.78. sedangkan hasil belajar siswa nilai prasiklus rata-rata 61.80, Siklus I 72, Siklus II 85. Peningkatan hasil belajar pada prasiklus 44%, siklus I 76% dan siklus II 100% siswa tuntas. Dengan demikian menunjukan bahwa melalui Pembelajaran Kooperarif Tipe NHT Berbantuan LKS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Candiroto Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Semester 2 Tahun 2011/2012. Disarankan bagi kepala sekolah dapat memberi masukan kepada guru-guru untuk menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan LKS untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan LKS dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sebagai upaya meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lainnya. Untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan LKS.