Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Candigaron 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Kartikaningtyas, Marina
Other Authors: Kriswandani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/862
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan modul pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Candigaron 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Candigaron 02 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan SD Candigaron 03 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis perbedaan menggunakan analisis uji T-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan modul pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,56 sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 79,40 dengan besarnya nilai signifikansi sebesar 0,729>0,005 maka Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas kontrol dengan nilai posttest kelas eksperimen sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD Candigaron 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun 2011/2012.