Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kertosari Kabupaten Temanggung

Main Author: Parwanti, Esti
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: es
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/859
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Media Gambar dalam pembelajaran IPA pada materi Sumber Daya Alam terhadap hasil belajar siswa kelas IV semester II SD Negeri 2 Kertosari Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertosari dengan jumlah 18 siswa. Analisis perbedaan menggunakan analisis Uji t Test dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match dengan Media Gambar terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 65.28 lebih besar daripada rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelompok kontrol sebesar 55.28 dengan besarnya nilai t adalah 3,432 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002, karena besarnya t hitung 3,432 dengan probabilitas signifikasi 0,002 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar untuk pembelajaran yang di awal proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan media gambar, dengan pembelajaran yang konvensional (ceramah).