Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Surat Kabar Siswa Kelas IV SDN Kertosari 02 Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Hermawan
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/858
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasi lBelajar IPS Pokok bahasan perkembangan teknologi melalui penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Media Surat Kabar siswa kelas IV SDN Kertosari 02 Kec. Jumo Kab. Temanggung Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I terdiri dari tiga pertemuan, sedangkan siklus I terdiri dari tiga pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar untuk mata pelajaran IPS Kelas IV Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dengan surat kabar yang akan dilanjutkan oleh upaya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat pada kondisi awal dapat dilihat dengan sekor rata-rata 62,33, Siklus I 70,56, Siklus II 80,44. Peningkatan hasil belajar pada kondisi awal ke siklus I sebesar 27,78% dan dari siklus I ke siklus II 22,22%. Dengan nilai maksimal siklus I 88 dan nilai minimalnya 56, dan pada siklus II dengan nilai maksimal 92 dan nilai minimal 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Surat Kabar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SDN Kertosari Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Maka saran dari penulis adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Surat Kabar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam PBM. Dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Surat Kabar dalam PBM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.