Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Wahyuni, Rina Atik
Other Authors: Ismanto, Bambang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/849
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Van Hiele terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Bringin 01 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dilihat dari adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis Pre-Experimental Design. Desain eksperimen penelitian ini adalah One-Group Pretest-Postest Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Van Hiele. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Bringin 01 yang diberikan perlakuan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Van Hiele. Jumlah siswa kelas VB SD Negeri Bringin 01 adalah 24 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang terkumpul dari hasil pretest dan posttest dilakukan uji perbedaan rata-rata (uji t) dengan bantuan SPSS 16 for windows. Selanjutnya dilihat signifikansi atau probabilitasnya [Sig.(2-tiled)] dengan α = 0,05 dan menganalisis t hitung dengan mencari t tabel menggunakan table t. Rata-rata hitung (mean) pretest adalah 59,25 sedangkan posttest adalah 82,50. Membuktikan bahwa hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran Van Hiele mempunyai rata-rata hitung (mean) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran Van Hiele. Hasil penelitian dalam uji t menunjukkan signifikansi atau probabilitas 0,05 > 0,000 dan t hitung lebih besar dari pada t tabel (22,366 > 2,069). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil keputusan bahwa model pembelajaran Van Hiele efektif terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Bringin 01 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.