Analisis Kegiatan Pemasaran Sayuran Organik: Permasalahan dan Manfaat di Kebun Citra Sehat Organic
Main Author: | Yuliati, Tri |
---|---|
Other Authors: | Hartono, Georgius, Nuswantara, Bayu |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Agribisnis FPB-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8479 |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul “Analisis Kegiatan Pemasaran Sayuran Organik: Permasalahan Dan Manfaat Di Kebun Citra Sehat Organic” telah dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2012 sampai 14 Januari 2013, di Dusun Lemah Nendeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui proses pemasaran sayuran organik di Kebun Citra Sehat Organic, menganalisis permasalahan yang terkait dalam pemasaran sayuran organik di Kebun Citra Sehat Organic, menganalisis manfaat pemasaran sayuran organik di Kebun Citra Sehat Organic. Pengambilan partisipan dan sumber kunci ditentukan secara sengaja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemasaran yang dilakukan di Citra Sehat Organic hampir semua menjalankan fungsi-fungsi tataniaga yakni fungsi pertukaran meliputi fungsi penjualan dan fungsi pembelian, fungsi fisik meliputi fungsi penyimpanan dan fungsi pengangkutan, fungsi fasilitas meliputi sortasi atau grading, fungsi penanggulangan risiko, fungsi informasi pasar, fungsi pembiayaan. Permasalahan yang terkait dalam proses pemasaran terlihat di dalam menjalankan fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi pengangkutan dan fungsi pembiayaan. Manfaat pemasaran sayuran organik di Kebun Cita Sehat Organic dilihat dari segi produsen harga jual sayuran organik tinggi dan biaya saprodi lebih murah, manfaat bagi konsumen meningkatan kesadaran dan minat terhadap sayuran organik dan manfaat bagi masyarakat terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.