Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Yulianti, Rini
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/847
Daftar Isi:
  • IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang berusaha membekali pengetahuan dan keterampilan peserta didik agar mampu bermasyarakat dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi belajar yang memberdayakan siswa secara aktif. Proses pembelajaran akan efektif apabila guru mempersiapkan perencanaan dengan matang baik kelengkapan alat-alat pembelajaran seperti materi pelajaran maupun penggunaan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang biasa dilakukan, guru menggunakan metode secara monoton dan tidak melibatkan siswa sehingga hasil belajar yang dicapai tidak optimal. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada efektivitas penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Two Group Posttest Only. Unit penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes berupa pilihan ganda dan uraian sedangkan bentuk non tes adalah menyimak, kerja kelompok dan presentasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis beda rerata (uji t) hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT efektif terhadap hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk. Hal ini ditunjukkan adanya perbedaan mean hasil belajar kelompok eksperimen yaitu 90,26 dan mean hasil belajar kelompok kontrol yaitu 80,39 dengan selisih mean hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 9,870. Apabila perbedaan tersebut dilihat dari taraf signifikansi 0,000 maka thitung yang diperoleh sebesar 5,126 > ttabel 2,015. Signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka hipotesis ada efektivitas penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 diterima. Jadi hipotesis yang diajukan terbukti. Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS SD dan dikembangkan dalam penelitian yang terkait dengan pendekatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa.