Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kopeng 1 Kec. Getasan Kab. Semarang semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Verlyanga, Aldo Cahyo |
---|---|
Other Authors: | Windrawanto, Yustinus |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8461 |
Daftar Isi:
- Tidak dipublish dikarenakan discan pernyataan tidak plagiat belum tertulis tanggal persetujuannya. Tidak dipublish dikarenakan discan pernyataan persetujuan akses tidak ada tanda yang diberikan pada pilihan a atau pilihan b.
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sampai dengan Siklus II dimana setiap siklus terdapat 2 pertemuan.Analisis penelitian ini menggunakan diskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi Pra siklus dengan Siklus berikutnya.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kopeng 1 yang jumlah 29 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar.Sebelum diterapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) persentase rata-rata keaktifan siswa sebesar 39,25%. Naik menjadi 81,01% pada siklus I dan 88,79 % pada siklus II. Sedangkan hasil belajar sebelum diterapkan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), siswa yang melampaui KKM sebanyak 33.33 % ( 9 siswa) setelah dilakukan tindakan dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) naik menjadi 70,37 % (19 siswa) pada Siklus I dan 86,20 % ( 25 siswa) pada siklus II. Berdarsarkan hasil penelitian, saran bagi guru harus menggunakan konsep belajar sekitar kehidupan siswa agar penanaman konsep matematika lebih menarik selain itu Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) akan terlaksana dengan baik.