Efektivitas Penggunaan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Semester II di SDIP H. Soebandi Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Rahmawatiningrum, Linta |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/845 |
Daftar Isi:
- Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya penggunaan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif. Pada umumnya, siswa Kelas IV SDIP H. Soebandi diajar dengan menggunakan Metode Konvensional. Metode pembelajaran inovatif pun dikembangkan, salah satunya yaitu Metode Hypnoteaching yang praktiknya menggunakan bahasa bawah sadar. Dari uraian tersebut maka dirumuskan permasalahan adakah perbedaan efektivitas pembelajaran yang signifikan antara penggunaan Metode Hypnoteaching dengan Metode Konvensional pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDIP H. Soebandi Kec. Bawen Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran yang signifikan antara penggunaan Metode Hypnoteaching dengan Metode Konvensional pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDIP H. Soebandi Kec. Bawen Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Desain Penelitian ini adalah Two-groups post-test only design. Subjek yang diteliti adalah seluruh siswa Kelas IV SDIP H. Soebandi Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Analisis data menggunakan analisis Independent Samples T-Test dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat. Analisis data menggunakan bantuan program penghitungan statistic SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran yang signifikan antara penggunaan Metode Hypnoteaching dengan Metode Konvensional pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDIP H. Soebandi Kec. Bawen Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan signifikan 2 sisi sebesar 0,000. Koefisien signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran yang signifikan dengan menggunakan Metode Hypnoteaching.