Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Memilih Minimarket Indomaret atau Alfamart dalam Berbelanja di Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara
Main Author: | Kristina, Stefani |
---|---|
Other Authors: | Sampoerno |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8445 |
Daftar Isi:
- Tidak dipublish karena di lembar pengesahan tidak terdapat cap dari fakultas dan tidak dicantumkan tanggal disetujui.
- Pada era globalisasi saat ini, banyak kita jumpai minimarket yang letaknya berada di lingkungan perumahan maupun pinggir jalan-jalan besar. Dengan adanya minimarket, membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sejauh ini, minimarket yang cukup dikenal oleh konsumen adalah Indomaret dan Alfamart. Keputusan konsumen untuk memilih tempat dalam berbelanja dapat dikatakan sebagai pengambilan keputusan. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi mereka dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk memilih berbelanja di Indomaret atau Alfamart di Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun unit analisanya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk memilih Indomaret atau Alfamart dalam berbelanja dan unit pengamatannya adalah konsumen Indomaret dan Alfamart yang berada di Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara. Teknik analisi data yang digunakan yaitu dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya faktor internal untuk seluruh konsumen Indomaret dalam mengambil keputusan untuk memilih tempat dalam berbelanja adalah 38% kebutuhan, 36% tujuan, 18% situasi lingkungan,56% pengalaman, 76% kepribadian, dan 58% informasi dari media massa, sedangkan faktor eksternal untuk seluruh konsumen Indomaret adalah 42% produk, 86%harga, 30%tempat, dan 68% promosi. Kemudian besarnya faktor internal untuk seluruh konsumen Alfamart adalah 38% kebutuhan, 58% tujuan, 80% situasi lingkungan dan pengalaman, 2% kepribadian, serta 38% informasi mdaedia massa, sedangkan faktor eksternal untuk seluruh konsumen Alfamart adalah 14% produk, 56% harga, 24% tempat, dan 54% promosi. Berdasarkan hasil prosentase tersebut menunjukan bahwa bagi konsumen Indomaret, faktor internal yang mempengaruhi adalah kepribadian dan untuk faktor eksternal adalah harga. Bagi konsumen Alfamart, faktor internal yang mempengaruhi adalah situasi lingkungan dan promosi adalah faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen Alfamart.