Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas 5 SDN Pulutan 02 Semester II Tahun 2012/2013
Main Author: | Pernitus, Yudy |
---|---|
Other Authors: | Windrawanto, Yulius |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8404 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 SDN Pulutan 02 Salatiga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa pasif saat pembelajaran berlangsung serta guru lebih banyak menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”apakah pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA tentang sifatsifat cahaya di SDN Pulutan 02 semester II Tahun 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas 5 SD Negeri Pulutan 02 semester II Tahun 2012/2013 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas 5 SD Negeri Pulutan 02 Salatiga dan kolega peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Pulutan 02 Salatiga yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes pilihan ganda di akhir pembelajaran untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analsis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk analisis data dalam bentuk-bentuk kata atau penjelasan dan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Pulutan 02 Salatiga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI). Pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) disajikan dalam bentuk diskusi kelompok dan soal evaluasi. Saran dalam proses pembelajaran hendaknya siswa ikut terlibat aktif serta guru harus lebih kreatif dalam menyajikan model pembelajaran yang menarik dan mampu mengembangkan karakter siswa. Saran tindak lanjut adalah melakukan penelitian lebih lanjut.