Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Discovery Siswa Kelas IV SDN 01 Gandon Kaloran Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Nugroho, Waskito Dwi
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8386
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPA guru hanya menyampaikan materi saja, tidak memperhatikan siswanya dalam memahami materi yang disampaikan, dalam proses pembelajaran langsung (konvensional) peserta didik hanya dituntut untuk mendengarkan, menghafalkan isi bacaan tanpa mampu membandingkannya dengan pengetahuan awal maupun pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Proses pembelajaran yang demikian ini dapat menyebabkan siswa kurang berminat untuk mem pelajari materi yang disajikan. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah metode discoverydapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD N 01 Gandon Kaloran Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 01 Gandon Kaloran Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Adapun instrumen penilaiannya menggunakan butir-butir soal dan pengamatan rubrik penilaian. Analisa data yang digunakan dalam penelitian meliputi yaitu teknik deskriptif komparatif yakni teknik statistik dengan membanding kan skor antar siklus, mean, skor minimal, maksimal, dan persentase. Hasil penelitian bahwa melalui discovery, siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Peningkatan hasil belajar IPA melalui discoverybagi siswa kelas IV SD N 01 Gandon dapat dilihat melalui hasil penelitian tindakan kelas, pencapaian hasil belajar siswa yang tuntas adalah prasiklus sebesar 52,38%, siklus I 61,90%, siklus II 100%. Sedangkan rata-rata nilai kelas prasiklus 66,67, siklus I 72,95, siklus II 90,43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 01 Gandon Kaloran Temanggung semester I tahun pelajaran 2012/2013. Saran bagi guru pada waktu pembelajaran IPA, hendaknya guru dapat menyajikan metode discovery dengan baik sehingga dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, penguasaan konsep siswa dan meningkatkan hasil belajar IPA.