Outdoor Activities untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 02 Kalimanggis Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Main Author: | Hidayah |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8385 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi ”Sumber Daya Alam” hasil nilai tes evaluasi siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM=70). Dari 36 siswa yang mendapat nilai lebih dari 70 hanya 5 siswa. Dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode yang konvensional dalam hal ini proses pembelajaran lebih banyak hanya mendengar apa yang disampaikan guru. Untuk melakukan upaya perbaikan proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan Otdoor Activitiesyang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik serta meningkatkan kinerja siswa dalam tugastugas akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Hasil belajar dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif kemudian hasilnya dianalisis dengan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Pemberian tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan guru dan siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 100% dari seluruh siswa mendapat nilai =70. Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan Outdoor Activities, dalam siklus I dan II hasil belajar IPA meningkat sesuai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Dari siswa yang berjumlah 36 anak, sebelum diadakan tindakan siswa yang mengalami ketuntasan hanya 5 siswa (38%) sedangkan yang belum tuntas berjumlah 31 siswa (62%). Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Outdoor Activitiespada siklus I siswa yang tuntas belajar berjumlah 36 siswa (100%) sedangkan yang belum tuntas dalam belajar berjumlah 0 siswa (100%) , pada siklus IIsiswa yang tuntas belajar adalah 36 siswa (100%) . Hal ini terbukti bahwa melalui Outdoor Activities mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Kalimanggis Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung.