Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Kalierang dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Main Author: | Wirawan, Yanadi Dwi |
---|---|
Other Authors: | Rahardjo, Widi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8372 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kalierang dalam pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dengan menggunakan model pendekatan kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together pada pokok bahasan bilangan pecahan siswa kelas 4SD Negeri 2 Kalierang. Penelitian ini dilakukan terhadap 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali pertemuan yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh setelah penelitian berlangsung adalah penerapan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ( NHT )dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kalierang Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada hasil belajar siswa saat pra siklus ratarata nilai kelas 76,7 sebelum diberi metode pembelajaran tipe NHT. Kemudian pada siklus I hasil belajar siswa kelas 4 siswa SD Negeri 2 Kalierang terbukti meningkat setelah pemberian model pembelajaran tipe NHT. Dari sebelumnya nilai rata-rata kelas adalah 76,7 berdasarkan post test siklus I meningkat 78,1. Kemudian pada siklus II kembali terjadi peningkatan rata-rata kelas sebelumnya pada siklus I adalah 78,1 pada siklus II meningkat menjadi 81 Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan metode pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 2 Kalierang.