Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 02 Sendangrejo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Nugraheni, Desya Puspa |
---|---|
Other Authors: | Agustin, Atalya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8366 |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 02 Sendangrejo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 02 Sendangrejo Kecamatan Ngarinagan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan tujuan tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan dan langkah – langkah metode pembelajaran Talking Stick diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 02 Sendangrejo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakam, pengamatan (observasi) serta refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari kondisi Pra Siklus ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II setelah dilakukannya tindakan menggunakan metode pembelajaran talking stick. Pada kondisi awal ketika belum diadakannya tindakan ketuntasan hasil belajar adalah 47,22%, sedangkan pada Siklus I Ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 72,22% dan pada Siklus II Ketuntasan Hasil Belajar meningkat menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia SDN 02 Sendangrejo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013.