Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kalijambe Kecamatan Bringin Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Sustanto, Rian
Other Authors: Pirenomulyo
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8365
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa khususnya kelas V SD Negeri Kalijambe pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalijambe Kecamatan Bringin. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengambilan skor hasil observasi saat proses pembelajaran dan skor hasil belajar siswa dalam bentuk tes di akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil bekajar IPA, hal ini dapat kita lihat pada pra siklus yaitu sebelum diterapkan Model Pembelajaran Inkuiri dari 28 siswa terdapat 19 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar (KKM= 78) dan hanya 9 siswa (32%) yang mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan setelah dilakukan siklus I adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 14 siswa dengan persentasi 50%, sedangkan yang belum mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 14 siswa dengan persentasi 50%. Setelah dilakukan siklus I masih ada siswa yang belum mencapai (KKM= 78), maka dilakukan untuk siklus II dan sebanyak 26 siswa dengan persentasi 92% telah mencapai (KKM= 78) sedangkan yang belum tuntas ada 2 siswa dengan persentasi 8% karena siswa tersebut memerlukan tambahan pelajaran atau bimbingan khusus dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri Kalijambe. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh yaitu adanya peningkatan yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar siswa.