Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Salatiga 05 Semester 2 Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Angela, Bregita
Other Authors: Windrawanto, Yustinus
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8344
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas 4 SD Negeri Salatiga 05 yang memanfaatkan interaksi siswa sering melakukan kontak dengan surat-menyurat antar teman sebangku atat sekelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborsi dengan guru kelas 4 SD Negeri Salatiga 05, Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran cooperative learning tipe make a match. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Salatiga 05 dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013, yakni pada tanggal 06 April sampai dengan 22 April 2013. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Salatiga. Peningkatan hasil belajar siswa yang semula berjumlah 17 siswa (57 %) meningkat menjadi 28 siswa (94 %), dan prestasi yang semula rata-rata kelas 70 meningkat menjadi rata-rata kelas 82,5.