Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Tawang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang

Main Author: Yanto, Fransiskus
Other Authors: Sadjiarto, Arief
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8330
Daftar Isi:
  • unpublish: Pernyataan Tidak Plagiat dan Pernyataan Persetujuan Akses tidak ada
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui model pembelajaran tipe Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Tawang 01 Kecamatan Susukan Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas dengan menggunakan model spiral (model Kemmis dan Taggart) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi dan diakhiri dengan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tawang 01 Kecamatan Susukan 10 siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penilaian formatif yaitu penilaian yang dilaksanakan pada akhir program belajar-mengajar untuk melihat tingkat keberhasilan proses belajar-mengajar. Penilaian formatif berorientasi kepada proses belajar-mengajar.adapun alat yang digunakan adalah tes (tes tertulis) dan nontes (observasi). Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif komparatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral dari Kemmis dan Taggart melalui 2 siklus dengan tahapan-tahapan : perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Siklus pertama 1 pertemuan dan 2 jam pelajaran serta siklus kedua 1 pertemuan dan 2 jam pelajaran. Indikator keberhasilan penelitian 80% atau sekitar 8 siswa harus mencapai =KKM yaitu 70. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV. Hal ini tampak adanya peningkatan dari data awal (pra siklus) 40% atau sekitar 4 siswa dari 10 siswa telah mencapai nilai =KKM, pada Siklus I meningkat menjadi 60% atau sekitar 6 siswa dari 10 siswa telah mencapai nilai =KKM kemudian pada Siklus II 90% atau 9 siswa kelas IV SDN 01 Tawang Kecamatan Susukan Semester II Tahun Ajaran 2013/2014 mencapai nilai =KKM semua.