Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Sumber Daya Alam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Game Tournament pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tawang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang

Main Author: Susanto
Other Authors: Soesilo, Tritjahjo Danny
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8284
Daftar Isi:
  • IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kesimpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan sehingga sulit dipahami siswa. Siswa tidak berani menjawab pertanyaan dari guru pada awal pembelajaran, siswa tidak berani bertanya, konsentarsi siswa dalam pembelajaran rendah, hanya siswa tertentu saja yang aktif didalam diskusi kelas dan siswa cenderung lupa pada pelajaran yang sudah diberikan. Hal itu disebabkan guru kurang kreatif dalam mengajar, hanya berceramah saja, media kurang lengkap, pendekatan kurang bervariasi serta belum menggunakan pendekatan yang menarik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA mengenai Sumber Daya Alam dan Lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tawang 01 semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 10 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus I dan siklus II dilaksanakan pada bulan April 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tawang 01 Semester II tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar siswa dalam kelas yaitu 60% atau 6 siswa. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 70% atau 7 siswa. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa meningkat mencapai 90% atau 9 siswa.