Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Siswa Kelas 4 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Aluni
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8282
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 pokok bahasan perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap lingkungan darat dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture di SDN Tlogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) jenis kolaborasi, guru bekerjasama dengan peneliti. Peneliti sebagai pemberi ide dan untuk observer dilakukan guru kelas 4, sedangkan penelitian melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada PTK ini terdiri dari II siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 30 siswa atau 80% dari jumlah siswa kelas 4 yang hasil belajarnya mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 65). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai siswa dari kondisi awal, pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Pada kondisi awal terdapat 9 siswa yang tuntas dalam belajar atau 27,27 % dan yang tidak tuntas dalam belajar terdapat 24 siswa atau 72,72 %. Pada siklus I terdapat 19 atau 57,57% siswa yang tuntas dalam belajar dan 14 siswa yang tidak tuntas dalambelajar atau 42,42%. Pada siklus IIterdapat 30 siswa yang tuntas dalam belajar atau 90,91% dan yang tidak tuntas dalam belajar terdapat 3 siswa atau 9,09%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Tlogo semester II tahun pelajaran 2012/2013.