Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Memperbaiki Sikap Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Anggraeni, Yuliana Dewi |
---|---|
Other Authors: | Pirenomulyo |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8279 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar dan memperbaiki sikap siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas V Semester II SD Negeri 02 Kuwaron. Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014 pada pelajaran IPA. Model PTK yang digunakan dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, sampai dengan refleksi. Teknik analisis yang digunakan yakni ketuntasan KKM siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap siklus dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 68. Adapun hasilnya yaitu pada Pra siklus ketuntasan belajar hanya dicapai oleh 18 siswa dari seluruh siswa (41 siswa) yaitu sebesar 43,9%. Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar dapat yaitu sebesar 69,97%. Sama halnya dengan Siklus I pada Siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 85,37%. Di sisi lain, untuk meningkatkan sikap siswa pada Kondisi Awal hanya 59,71 % yang cukup baik tetapi belum berhasil belum. Siklus I telah meningkat menjadi 69,83 % artinya baik dan berhasil. Pada Siklus 2 juga meningkatkan menjadi 81,15 % artinya sangat baik dan berhasil. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Pembelajaran menggunakan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memperbaiki sikap siswa.