Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Memperbaiki Sikap Siswa Kelas V SD Pantekosta Magelang Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Setiawan, Yohana |
---|---|
Other Authors: | Pirenomulyo |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8276 |
Daftar Isi:
- Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menekankan pada proyek siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran ini belum digunakan di SD Pantekosta untuk meningkatkan persentase hasil belajar Matematika siswa kelas V yang tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 pada semester 1, dan pada semester 2, KKM-nya naik menjadi 75. Selain itu suasana kelas yang belum kondusif harus diperbaiki. Penelitian penerapan Project Based Learning di SD Pantekosta ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan memperbaiki sikap siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siswa kelas V SD Pantekosta sebagai subjek penelitian. Pelaksanaannya dilakukan menggunakan model Kemmis dan Tanggrat dalam dua siklus yang pada masing masing siklusnya terdapat tiga kali pertemuan. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Satu siklus memuat sintak Project Based Learning. Data hasil belajar siswa didapatkan melalui test dan hasil perbaikan sikap didapatkan melalui angket yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase siswa tuntas KKM 75 yaitu Siklus I sebesar 53,33% dan pada Siklus II sebesar 96,77%. Perbaikan sikap siswa pada pelajaran Matematika ditunjukan dengan adanya peningkatan klasifikasi dari “baik” setelah Siklus I dilaksanakan dan menjadi “sangat baik” setelah Siklus II dilaksanakan.