Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA (Sains) Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas 4 (Empat) Sekolah Dasar Negeri Sraten 01 Kecamatan Tuntang Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Winarni, Nike
Other Authors: Dwikurnaningsih, Yari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8273
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA (Sains) melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas 4 (Empat) Sekolah Dasar Negeri Sraten 01 Kecamatan Tuntang Semester II Tahun Pelajaran2012/2013”. Penelitian ini mengacu pada fakta bahwa siswa kelas 4 SDN Sraten 01 Salatiga hasil belajar pada mata pelajaran IPA masih rendah. Hal ini disebabkan karena metode mengajar yang guru lakukan yaitu ceramah bervariasi, praktek, pengamatan dan eksperimen, namun yang paling sering menggunakan metode ceramah. Pengujian hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hanya 11 siswa yang memenuhi KKM dan 9 lainnya tidak memenuhi KKM. Berdasarkan pada kenyataan itu, penelitian ini hendak menawarkan metode pembelajaran yang berbeda, yaitu cooperative learning tipe TPS. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “Apakah Melalui Model Cooperative tipe Think Pair Share dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas 4 (empat) SD Negeri Sraten 01”? Dengan tujuan penelitian yaituuntuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Sraten 01 dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2013 di SDN Sraten 01 Salatiga di kelas 4 sebagai subjek penelitian. Pendekatan yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 2 siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe TPS, ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Sraten 01 Salatiga. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor hasil belajar pada siklus I 65%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I 68 dan pada siklus II, meningkat menjadi 80. Mengacu pada hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui penerapan model cooperative learning tipe TPS, dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Sraten 01 Salatiga. Dengan hasil ini maka disarankan untuk guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.