Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Melalui Penggunaan Strategi KWL (Know Want Learn) SD Negeri Kebowan 01 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Musriyono, Anna Ardiyani
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8258
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah tingkat ketuntasan hasil belajar IPA kelas III SD Negeri Kebowan 01 yang baru mencapai 65% dengan KKM 65. Berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan diduga hal tersebut terjadi karena metode mengajar guru yang belum sepenuhnya sesuai dengan metode mengajar yang tertulis dalam standar isi kurikulum nasional. Proses pembelajaran yang terjadi di kelas terkesan book oriented yang sangat tidak mendukung dengan kondisi kelas karena ada anak yang kurang lancar dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Peneliti menawarkan solusi pemecahan masalah yaitu penggunaan strategi Know Want Learn (KWL) dalam pembelajaran IPA. Karena strategi ini cocok dengan metode inkuiri yang tertulis dalam standar isi kurikulum nasional dan sejalan dengan teori konstruktivisme yang membuat pelajaran lebih bermakna, diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus tersusun atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa dari tahap pra siklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan tindakan menggunakan strategi KWL. Pada tahap pra siklus tingkat ketuntasan kelas baru mencapai 65% dengan KKM 65 kemudian pada siklus II ketuntasan kelas meningkat menjadi 85% dengan KKM 70. Di akhir siklus II ketuntasan kelas mencapai 100%. Selain peningkatan hasil belajar peneliti menemukan bahwa penggunaan strategi KWL ini juga mampu melatih keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapat dan meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpuilkan bahwa strategi KWL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Kebowan 01 Tahun Pelajaran 2013/2014.