Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar IPA Kelas 5 SDN Dukuh 03 Salatiga Kecamatan Sidomukti Semester 2 Tahun 2012/2013

Main Author: Pratiwi, Fuji
Other Authors: Khristina, Deasy
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8257
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan kenyataan yang ada dilapangan, siswa masih kurang aktif, sibuk bermain sendiri, mereka lebih senang berbicara, bercanda dengan siswa lain (teman sebangku) daripada memperhatikan penjelasan dari guru dan kurang antusias pada saat guru menerangkan materi pembelajaran. Salah satu faktornya adalah metode yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional sehingga membuat siswa malas berfikir. Oleh karena itu untuk menarik perhatian dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa maka peneliti menawarkan model pembelajaran yang inovatif yaitu menggunakan pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe students teams-achievement divison (STAD) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar kelas 5 semester 2 pada mata pelajaran IPA di SD N Dukuh 03 dan SD N Dukuh 02 Salatiga.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N Dukuh 03 yang berjumlah 23 siswa. Analisis menggunakan uji (Independent Sample T-Test) dengan bantuan SPSS 20.0 For Windows, analisis ini digunakan untuk mengetah ui menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe students teams-achievement division (STAD) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dari hasil penelitian menunjukan hasil nilai t hitung hasil postest > t tabel ( 5,264 > 2,015) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima artinya ada pengaruh model STAD terhadap hasil belajar dan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 87,22 lebih besar dari rata-rata nilai pada kelas kontrol sebesar 74,24.Sedangkan hasil nilai t hitung motivasi belajar > t tabel ( 3,988 > 2,015) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima artinya ada pengaruh model STAD terhadap motivasi belajar dan rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen 83,04 lebih besar dari pada nilai motivasi belajar kelas kontrol 75,52. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa.