Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Siswa Kelas 4 SDN Randuacir 02 Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Yorisno, Florianus
Other Authors: Sulistari, Entri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8256
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar IPA siswa dibawah KKM, (2) dalam pembelajaran masih konvensional dan belum menggunakan model yang tepat. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini akan digunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Model pembelajaran tipe NHT ini melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head together) pada mata pelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan April sampai dengan bulan Mei 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Randuacir 02, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga pada semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini berhasil jika 85% siswa tuntas dengan hasil belajar diatas KKM. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Pelaksanaan penelitian melibatkan guru kelas sebagai pengamat. Sumber data yang diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Analisis data yang dilakukan dengan melihat peningkatan hasil belajar prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata kelas pada prasiklus 61 dengan ketuntasan belajar 64%, pada siklus 1 nilai ratarata kelas menjadi 75 dengan ketuntasan belajar 82%, kemudian pada siklus 2 nilai rata-rata kelas menjadi 83 dengan ketuntasan belajar 100% tuntas. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dapat dibuktikan kebenarannya, dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penulis adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar di kelas, karena dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.