Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas 5 SDN Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Brigitta
Other Authors: Wuryani, Emy
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8255
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar IPA siswa dibawah KKM(2)dalam pembelajaran masih konvensional dan belum menggunakan model yang tepat. Sehingga peneliti merumuskan masalah yaitu “Apakah Peningkatan Hasil Belajar IPAMelalui Model Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw Pada Siswa Kelas 5 SDN Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga semester 2 Tahun Pelajaran2012/2013”. Berdasarkan permasalahan dan rumusan masalah yang ada maka peneliti mempunyai tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas 5 SDN Randuacir 01 dan kolega peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Randuacir 01 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu obseervasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar.Teknik analsis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra siklus dan tes siklus 1 dan 2. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan melalui pembelajaran kooperatiftipe jigsaw adalah terjadi peningkatan pemahaman yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal hanya terdapat 4 siswa (40%) yang telah tuntas, pada Siklus I melalui ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 11 siswa (73%) yang telah tuntas, dan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat 15 siswa (100%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Melalui model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDNRanduacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun pelajaran 2012/2013.