Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Gera, Gerarda |
---|---|
Other Authors: | Wuryani, Emy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8253 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa, karena kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang tidak bervariasi,dan masih menggunakan model pembelajaran yang lama (Konvensional) sehingga pembelajaran terkesan berpusat pada guru. Sehingga peneliti merumuskan masalah “Apakah melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script hasil belajar Bahasa Indonesia kelas 4 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat?”. Berdasarkan permasalahan dan rumusan masalah yang ada maka peneliti mempunyai tujuan yang akan dicapai yaituuntuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang materi menemukan kalimat utama pada tiap paragraf pada siswa kelas 4 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas 4 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga dan kolega peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes pilihan ganda di akhir pembelajaran untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparasi yaitu membandingkan antara nilai tes awal, nilai tes siklus 1 dan tes siklus 2 untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script adalah terjadi peningkatan pemahaman yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal hanya terdapat 10 siswa (36%) yang telah tuntas, pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 22 siswa (79%) yang telah tuntas, dan pada siklus 2, diketahui bahwa semua siswa berhasil tuntas dalam belajarnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.