Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas 5 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Paranso, Silverius Novie |
---|---|
Other Authors: | Widiarto, Tri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8249 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mappingsiswa kelas 5 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mind mappingdan (hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis datadengan cara persentase untuk hasil belajar siswa (data kuantitatif) dan deskriptif untuk data kualitatif (hasil observasi kinerja guru dan aktivitas siswa dalam menerapkan pembelajaran mind mapping). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA siswa dapat diupayakan menggunakan model pembelajaran mind mappingpada siswa kelas 5 SDN Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini nampak pada peningkatan hasil belajar melalui ketuntasan belajarnya.Pada kondisi sebelum ada tindakan, ketuntasan belajar dicapai46%.Setelah tindakan pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 70.3% dan pada siklus II sebesar 100%. Kesimpulannya, pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping, berhasil diupayakan dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Kinerja guru juga meningkat. Siklus I, kinerja guru menerapkan model mind mapping; cukup baik dengan perolehan skor 45 (66.1%). Pada siklus II, meningkat menjadi baik sekali dengan perolehan skor 60 (88.2%). Aktivitas siswa juga meningkat. Sklus I, aktivitas siswa cukup baik dengan perolehan skor 44 (64.7%). Siklus II aktivitas siswa baik dengan skor 54 (79.4%). Sekolah dan guru disarankan untuk menerapkan model mind mapping dalam pembelajaran IPA materi lain maupun mata pelajaran lain. Siswa disarankan berlatih melakukan pemetaan konsep setiap materi pelajaran. Dengan melakukan pemetaan konsep, akan memungkinkan siswa lebih mudah dan lebih banyak memahami materi pelajaran. Dengan demikian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.