Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Semester 2/2013-2014
Main Author: | Monika |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8244 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas 5 SDN tersebut, disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru masih dengan ceramah atau bercerita dan tidak menyesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Peneliti merumuskan masalah “Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa” tentang materi perjuangan para tokoh dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Semester 2/2013-2014. Tujuan yang akan dicapai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Semester 2/2013-2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik analisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra-siklus, dan pos-tes siklus 1 dan siklus 2 serta antar siklus maupun dengan indikator kinerja, dan deskriptif kualitatif yang diperoleh dari data hasil observasi selama proses pembelajaran setiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Semester 2/2013-2014. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, seperti yang telah diketahui pada kondisi awal sebelum tindakan atau pra siklus hanya terdapat 5 siswa (25%) yang telah tuntas, sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa mulai meningkat menjadi 16 siswa (80%) yang telah tuntas, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 19 siswa (95%). Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Semester 2/2013-2014.