Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SDN Asinan 02 Kecamatan Bawen Semester II Tahun 2013/2014

Main Author: Sonya, Merry
Other Authors: Padmomartono, Sumardjono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8238
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kenyataan ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN ASINAN 02 Kecamatan Bawen Semester 2 Tahun 2013/2014. Sebelum tindakan 10 siswa (83,33 %) belum tuntas KKM (80) pada mata pelajaran IPA. Disamping itu, ditemukan bahwa minat siswa dalam belajar IPA juga rendah. Karena itu, diperlukan pembelajaran Numbered Heads Togethe runtuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitianya itu variable bebas (Pembelajaran NHT ) dan variable terikat (minat dan hasil belajar IPA siswa). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, evaluasi dan angket. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis pilihan ganda dan lembar angket. Teknik analisis data dengan cara presentase untuk data kuantitatif (hasil belajar siswa) dan deskriptif untuk data kualitatif (minat belajar siswa). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya peningkatan minat dan hasil belajar IPA menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SDN Asinan 02 Kecamatan Bawen Semester 2 Tahun 2013/2014 berhasil. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menyatakan bahwa sebelum tindakan, siswa yang tuntas belajar adalah2 (16,67%) dari 12 siswa. Pada siklus I, siswa yang tuntas menjadi 8 (66,67%). Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 12 (100%). Selain itu ada peningkatan minat belajar siswa. Pada siklus I minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Numbered Heads Together berada pada kategori sedang (83,75%). Pada siklus II, minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran NHT berada pada kategori tinggi (93,1%). Sekolah dan guru disarankan menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together / NHT dalam pembelajaran, tidak hanya dalam mata pelajaran IPA saja. Siswa disarankan saling bekerjasama, berbagi pengetahuan dan saling memahami karakteristik yang berbeda.