Penerapan Pembelajaran Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN 01 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Marta, Fitriana Eka |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8232 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 di SDN Tengaran 01Kabupaten Semarang melalui model pembelajaran tipe Think Pair and Share. (2) Mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tipe Think Pair and Share yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas 4 di SDN Tengaran 01 Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 4 SDN 01 Tengaran Kabupaten Semarang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa kelas 4 . data diambil dari tes siswa. Kemudian diketahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dari nilai tes siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Penelitan ini mengunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitan ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa. Prosentase ketuntasan siswa pada kondisi awal hanya 54,3 %, pada siklus 1 meningkat menjadi 54,6 % dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 80,7 %. Peningkatkan hasil belajar yang signifikan membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat digunakan dalam pembelajaran IPA pada kelas 4 SDN 01 Tengaran Kabupaten Semarang. Disarankan guru dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair anda Share sebagai upaya memberikan motivasi bagi guru untuk berinisiasi dalam pembelajaran. Serta memberikan pengalaman pengetahuan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share.