Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD Siswa Kelas IV SDN Randuacir 01 Salatiga Semester II Tahun 2013/2014
Main Author: | Lina |
---|---|
Other Authors: | Wuryani, Emy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8230 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui model pembelajaran tipe STAD siswa kelas 4 SDN Randuacir 01 Salatiga Semester II Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Dalam model spiral menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tiga (3) tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Randuacir 01 Salatiga yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen yang dipakai adalah butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Randuacir 01 Salatiga semester II tahun 2013-2014. Hal ini nampak pada hasil belajar yang ditunjukkan oleh ketuntasan belajar siswa dengan KKM > 65 pada pra siklus tidak ada yang mencapai ketuntasan, siklus I sebesar 80% dari 15 siswa yang tuntas; siklus II mencapai 100% tuntas. Rata-rata skor pra siklus 33,3, siklus 1sebesar 72%, dan siklus 2 sebesar 79. Perbandingan skor minimal pra siklus: siklus 1: siklus 2 adalah 9: 33:65. Perbandingan skor maksimal pra siklus: siklus 1: siklus 2 adalah 48:96:100. Mendasarkan pada hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk memilih dan mengembangkan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA SD dan melaksanakan penilaian proses belajar dan hasil belajar IPA, agar hasil belajar siswa meningkat.