Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas 4 SD N Blotongan 02 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Perianus, Fransius |
---|---|
Other Authors: | Wuryani, Emy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8229 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berangkat dari masalah bahwa hasil dan minat belajar IPA sangat rendah. Hal ini disebabkan karena siswa di kelas 4 seperti memiliki masalah dalam proses pembelajaran, entah itu karena kemampuan berfikirnya susah untuk berkembang atau mungkin karena minatnya untuk belajar itu kurang bahkan mungkin media pembelajarannya yang kurang tepat. Dari masalah tersebut, maka peneliti akan mencoba untuk menggali lebih dalam lagi bagaimana cara agar siswa- siswa tersebut lebih meminati pembelajaran dan lebih bisa memahami pembelajaran jika dengan menerapkan “metode demonstrasi” dalam proses pembelajaran. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar pada siswa 4 SDN Blotongan 02 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014., sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Blotongan 02 Salatiga. Pendekatan yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 2 siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi, ternyata dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa pada kondisi awal, dari total keseluruhan siswa yang sebanyak 31 siswa, ditemukan siswa yang tidak KKM yaitu 18 siswa (58%) dan yang lulus KKM sebanyak 13 siswa atau 42%, kemudian setelah diberikan tindakan perbaikan pada siklus I siswa yang lulus KKM menjadi 27 siswa (87%) dan siswa yang belum tuntas mengalami penurunan menjadi 4 siswa (13%).; pada siklus II seluruh siswa lulus KKM dengan prosentase 100%. Minat belajar siswa juga meningkat secara signifinikan dari siklus I ke siklus II, yaitu terbukti dengan hasil angket yang diberikan kepada siswa dan dengan peningkatan angka prosentase yang signifikan dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 84,27% menjadi 90,72% dan di kategorikan dari baik menjadi baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa metode demonstrasi, terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa 4 SD N Blotongan 02 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan demikian, dapat disarankan bahwa metode ini dapat diaplikasikan secara luas dalam dunia pendidikan, khususnya dalam penerapan sebagai salah satu metode pembelajaran di sekolah.