Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Watuagung 02 Kecamatan Tuntang kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Pelisia, Lisa
Other Authors: Sadjiarto, Arief
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8225
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Cooperative Learning tipe Make A Match pada siswa kelas 5 SDN Watuagung 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan pada bulan April 2014. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperatif learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Watuagung 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pada pra siklus hanya terdapat 7 siswa atau 41% dari 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata 58,6. Pada siklus I dengan menerapkan model cooperatif learning tipe Make A Match terjadi peningkatan yang cukup memuaskan yaitu 16 siswa atau 88% dari 17 siswa mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata 79. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat memuaskan yaitu 17 siswa atau 100% dari 17 siswa mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata 88.