Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 20113/2014

Main Author: Dau, Agnesia Clara
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8222
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 Semester II SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I terdiri dari tiga pertemuan, sedangkan siklus II juga terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang sejumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan lembar observasi. Data yang telah diperoleh ditabulasi kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk menganalisis data observasi, angket dan test yang sudah diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 85 % dari seluruh siswa kelas 5 telah mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) yaitu 62(≥62). Hasil penelitian menunjukkan Pada kondisi awal yang sangat tinggi dan tinggi ada 17 siswa (51,51%), siklus I ada 22 siswa (66,66%), siklus II ada 30 siswa ( 90%). Minat belajar sedang dan rendah pada kondisi awal ada 15 siswa (45,45%), pada siklus I dan II ada 3 siswa ( 9,09%), sedangkan minat sangat rendah kondisi awal ada 1 siswa (3,03%) dan siklus I dan siklus II tidak ada.Jadi peningkatan minat belajar siswa dari yang sangat tinggi dan tinggi dari kondisi awal 51,51% ,siklus I 66,66%, dan 90,90% pada siklus II. Sedangkan peningkatan kondisi awal Sebelum tindakan (pra siklus) siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (54,54%) dari 33 siswa, dengan nilai ratarata 70,48. siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 28 siswa (84,84%) dengan nilai rata-rata 76,81. Pada siklus II, diketahui bahwa hanya 1 siswa yang tidak tuntas dalam belajarnya, dengan perolehan nilai rata -rata 77,72.Disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 5 Semester II SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten semarang.