Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction pada Siswa Kelas 5 SDN Sumogawe 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Mulyani, Septi
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8211
Daftar Isi:
  • Penelitian didasarkan pada pencapaian nilai hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Sumogawe 03 yang masih rendah. Tujuan diadakan penelitian ini ada dua, yang pertama untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Sumogawe 03 dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada pelajaran IPA. Kedua, untuk mengetahui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Sumogawe 03. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Sumogawe 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, skala sikap dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu deskriptif hasil observasi selama proses pembelajaran, dan deskriptif kuantitatif, yaitu hasil evaluasi tertulis yang berbentuk angka-angka.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Sumogawe 03. Hal ini dibuktikan pada kondisi awal (pra siklus) hanya 11 siswa atau 32,35% di siklus I siswa yang tuntas menjadi 23 atau 67,65%, di siklus II menjadi 32 siswa atau 94,12%. Penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dalam proses kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran Explicit Instruction secara urut.Langkah-langkah tersebut yaitu: a) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa, b) guru memdemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, c) guru membimbing siswa dalam pelatihan, guru mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik, dan e) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjutan. Dengan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah tersebut dapat mendorong siswa untuk mencapai ketuntasan belajar.