Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Model Cooperatif Learning tipe Scramble pada Siswa Kelas 5 SDN Watuagung 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Yulita, Evi
Other Authors: Danny, Tritjahjo
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8194
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model cooperatif learning tipe scramble pada siswa kelas V SDN Watuagung 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan pada bulan April 2014. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperatif learning tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Watuagung 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pada pra siklus hanya terdapat 7 siswa atau 41% dari 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata 58,6. Pada siklus I dengan menerapkan model cooperatif learning tipe scramble terjadi peningkatan yang cukup memuaskan yaitu 16 siswa atau 88% dari 17 siswa mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata 79. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat memuaskan yaitu 17 siswa atau 100% dari 17 siswa mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata 88.