Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas 4 SD Negeri I Wlahar Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Hanggara, Dominggus Ari |
---|---|
Other Authors: | Ningsih, Lanny Wijaya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8193 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini yaitu disebabkan oleh beberapa faktor yang meliputi siswa itu sendiri, guru, metode pembelajaran, maupun lingkungan belajar yang saling berhubungan satu sama lain. Faktor dari siswa itu sendiri adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Faktor lain yang cukup mempengaruhi adalah kegiatan pembelajaran di kelas yang selama ini dilakukan oleh guru hanya penyampaian materi, sedangkan siswa pasif mendengarkan dan menyalin, sesekali guru bertanya dan sesekali siswa menjawab, guru memberi contoh soal dilanjutkan dengan memberi soal latihan yang sifatnya rutin dan kurang melatih daya nalar, kemudian guru memberikan penilaian.Hal itu mengakibatkan hasil belajar siswa rendah di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STADpada siswa kelas 4 SD Negeri I Wlahar Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Disebut PTK karena merupakan penelitian yang memerlukan tindakan yang dilaksanakan dalam kelas atau sekolah dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Hal ini nampak pada perbandingan ketuntasan dari kondisi prasiklus, siklus 1 dan siklus 2 yaitu 22%:62,96%:96,3% yang berarti adanya peningkatan dari prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 40,96% dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 33,34%. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STADdalam pembelajaran IPA agar hasil belajar siswa meningkat.