Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Yupita
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8183
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode ceramah dengan demikian perlu adanya model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Ngajaran 03 dengan menggunakan model pembelajaran penerapan pendekatan Contextual Teacing and Learning (CTL) berbantuan media sederhana. Jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam bentuk siklus, yang dijabarkan dalam beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I, siklus I. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengunpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa . pengamatan dilakukan sejak awal penelitian sampai akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pelajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran penerapan pendekatan Contextual Teacing and Learning (CTL) berbantuan media sederhana. Hal ini dilihat pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pra siklus hanya 9 siswa yang tuntas dengan persentase 33% dan yang belum tuntas 18 siswa dengan persentase 67%, pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 19 siswa yang tuntas dengan persentase 71% dan 8 siswa yang belum tuntas dengan persentase 29%. Kemudian pada siklus II terjadi lagi peningkatan yaitu 25 siswa yang tuntas dengan persentase 92% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan persentase 8%. Berdasarkan penelitian ini diharapkan guru menggunakan model pembelajaran penerapan pendekatan Contextual Teacing and Learning (CTL) berbantuan media sederhana dalam pembelajaran IPA agar hasil belajar siswa meningkat.