Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Dahlia, Yuliana Iis
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8176
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah, dan pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional. Untuk memecahkan masalah ini maka digunakan model Numbered Heads Together. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas 4 SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Suharsimi Arikunto terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Tlogo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pada kondisi awal sebelum diadakan tindakan hasil belajar IPA ketuntasan siswa pada pra siklus adalah 53 % pada siklus I meningkat menjadi 59% siswa tuntas dan pada siklus II meningkat dengan 94% siswa tuntas. hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 85% siswa tuntas. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dapat dibuktikan kebenarannya, dengan penggunaan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.